23
Sep
08

Tips Pilih-Pilih Gadget untuk Teman Liburan

Utamakan Sisi Praktis
Lebaran equals liburan. Waktu yang tepat untuk mudik atau sekadar jalan-jalan. Untuk di perjalanan, jangan cuma bawa buku bacaan. Gadget asyik pun bisa jadi teman.
————————-
MP3 Player
Musik bukan sekadar hiburan, tapi musik juga bisa menjaga mood selama perjalanan. Di pasaran, MP3 player tersedia dalam berbagai bentuk. Mulai yang harganya puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Tapi, jangan hanya tergiur harga murah. Kapasitas penyimpanan dan fitur tambahan juga harus diperhatikan.

Creative Zen Stone Plus bisa jadi alternatif. Ukurannya mungil, hanya setengah telapak tangan orang dewasa. Praktis dibawa ke mana-mana. Lagu yang dimainkan bisa dilihat di layar OLED sebesar 64 x 64 piksel.

Kapasitas memori sebesar 2 GB, cukup untuk mendengarkan musik selama sekitar 9,5 jam.

Zen Stone Plus punya fiture FM radio tuner yang mampu menyimpan 32 saluran radio pilihan.

Camcorder
Momen berkesan saat liburan tidak boleh terlewatkan. Segala kejadian bisa terekam lewat camcorder pilihan. Bentuknya praktis dan nyaman di genggaman. Jika tidak ingin repot dengan membawa kaset perekam, pilih yang memakai storage berbentuk kartu.

Creative DiVi Cam 525D, salah satunya. Saat menutup, bentuknya mirip kamera digital konvensional. Perangkat ini dibekali lensa CCD beresolusi 5 MP, mampu merekam video dan memutarnya kembali di layar LCD fleksibel berukuran 2,5 inci.

Hasil rekaman disimpan dalam memori internal sebesar 32 GB bisa diekspan melalui SD card hingga kapasitas 2 GB. Fitur motion stabilizer mengurangi pengaruh goyangan tangan. Yang lebih seru, DiVi Cam juga bisa merekam gambar dari DVD atau video player lainnya.

Untuk kualitas gambar lebih tinggi, Panasonic SDR-S9 bisa jadi pilihan. Lensa CCD-nya sanggup melakukan 10x optical zoom dan 700x digital zoom. Video hasil rekaman kualitas DVD (MPEG2) disimpan dalam SD card hingga kapasitas 4 GB.

SDR-S9 tampil kukuh dalam balutan warna hitam, cocok untuk berlibur ke pantai atau danau. Tidak perlu takut basah karena SDR-S9 tahan terhadap percikan air. Hasil rekaman bisa langsung ditonton di televisi atau monitor komputer.

Portable DVD Player
Jika perjalanan ditempuh dengan mobil pribadi, DVD player portabel bisa jadi hiburan yang pas. Koleksi film di rumah bisa diusung untuk dinikmati selama perjalanan. Tak perlu membawa mesin pemutar dari rumah. Gantikan dengan Phillips PET 830.

Pemutar DVD portabel itu sudah dilengkapi layar LCD TFT sebesar 8,5 inci. Slot DVD di belakang mampu membaca segala macam CD. Berat total kurang dari 1 kg. Sesuai untuk dipasang di balik sandaran jok atau diletakkan di konsol tengah mobil.

Pengoperasian semakin mudah dengan menggunakan slim remote. Jika tenaga baterai habis di perjalanan, tidak perlu khawatir. Ada cigarette outlet adaptor untuk mengisi kembali tenaganya. Jika ingin menontonnya sendiri, tancapkan headphone 3,5 mm di bagian samping.

Game Portable
Sudah bosan mendengarkan musik atau menonton film? Coba mainkan game portabel. Pilih produk andalan Sony, PlayStation Portable. Edisi terbarunya berwujud lebih pipih. Formatnya lebar, enak digenggam.

Sony PSP juga bisa berfungsi sebagai pemutar musik, video, dan penampil foto. Bahkan, bisa menjelajah dunia maya dengan koneksi Wi-Fi dari layar sebesar 4,3 inci. Bentuk candy bar membuat tampilannya lebih praktis.

Pilihan lain ada pada Nintendo Dual Screen (NDS). Tersedia dua versi, regular dan Lite. Kita bisa bermain dengan menggunakan dua layar yang saling berhubungan. Layar utamanya berupa touch screen. Bisa dioperasikan dengan ujung jari atau stylus.

Istimewanya lagi, NDS dilengkapi microphone. Pengguna bisa berinteraksi dengan pengguna lain lewat koneksi Wi-Fi. Bahkan, ada beberapa game yang bereaksi terhadap tiupan atau suara melalui mic tersebut.

Travel Charger
Perlu untuk mengisi tenaga gadget saat kita tidak menyiapkan baterai cadangan. Sumber tenaga bisa diambil dari pemantik api di mobil atau bahkan tenaga surya seperti pada Solar Charger. Dari USB Port yang tertancap bisa dikonversi untuk berbagai macam colokan ponsel dan gadget lainnya.

Speker Portabel
Pemilik iPod bisa membawa serta Altec Lansing iM600. Bentuknya kotak sepanjang 28 cm dengan tebal kurang lebih 5 cm, dilengkapi layar LCD dan antena untuk penguat gelombang radio. Docking di muka memang khusus untuk iPod. Namun, tersedia juga colokan untuk player lain.

Headphone
Dengan dukungan bluetooth, tidak ada lagi untaian kabel yang mengganggu gerakan badan. Sony DR-BT50 jadi pilihan tepat. Bentuknya full headphone dan disertai headband untuk memakainya di belakang leher. Berat alat ini hanya 180 gram. Fitur A2DP didukung baterai lithium ion rechargeable yang tahan untuk memutar musik selama 17 jam.

———-

TIP LIBURAN DENGAN GADGET

Bentuk gadget yang kecil memang lebih praktis. Tapi, jangan lupa memasang strap agar MP3 player atau camcorder tetap ada dalam genggaman. Tetap waspada karena kejahatan bisa terjadi di mana saja.

Kalau menempuh perjalanan lebih dari 10 jam, sebaiknya pilih MP3 player bertenaga baterai biasa. Jangan memakai yang rechargeable lewat USB port. Sebab, jika tenaga habis, kita lebih sulit mencari pengisi tenaganya.

Untuk penumpang mobil di belakang, DVD player portabel lebih pas jika dipasangkan di sandaran jok atau atap. Untuk di jok, gunakan tali velcro atau karet headband sebagai pengikat jika tidak tersedia dalam paketnya. Atau manfaatkan mounting untuk atap yang banyak tersedia di pasaran.
(Sumber : JawaPos.com)


0 Responses to “Tips Pilih-Pilih Gadget untuk Teman Liburan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: