15
Sep
08

Kotoran Manusia Bisa Jadi Pembangkit Listrik

San Antonio, Salah satu kota di Amerika mengklaim mampu mengubah kotoran manusia menjadi gas metan atau energi pembakaran yang ramah lingkungan.

Seluruh penghuni perumahan di San Antonio diprediksi membuang kotoran sekira 140.000 ton per tahun. Kotoran manusia ini, yang disebut dengan nama kimia ‘Biosolid’, diperkirakan dapat diproses kembali menjadi gas alam.

“Anda bisa menyebut kotoran manusia dengan nama apa saja. Tapi pastinya ada fungsi penting yang terdapat dalam kotoran manusia tersebut. Gas metan yang terbenam di dalamnya dapat dikonversikan menjadi gas alam yang dapat berfungsi sebagai pembangkit energi,” ujar pengurus sistem perairan kota San Antonio Steve Clouse, seperti dikutip melalui Reuters, Rabu (10/9/2008).

Penduduku San Antonio menyetujui program ini dan menunjuk Ameresco Inc, perusahaan pengolah limbah yang berpusat di Massachusets, untuk mengolah limbah pribadi mereka dengan asupan 1,5 juta kubik kotoran perhari. Menurut pihak Ameresco, gas metan memang diproduksi dari kotoran organik dan kotoran manusia. Gas ini merupakan komponen paling penting untuk pembakaran, pembangkit tenaga listrik dan pemberi asupan daya bagi generator.

Beberapa komunitas penduduk sudah pernah melakukan hal yang sama. Namun gas metan yang diproduksi berasal dari sampah organik dan hanya mampu mengaliri energi dalam jumlah yang tidak besar. Sedangkan aksi penduduk San Antonio ini merupakan aksi pengumpulan kotoran manusia terbesar dengan jumlah produksi energi yang besar pula. Kabarnya, hasil gas metan dari kotoran manusia ini mampu memberi asupan energi bagi pembangkit listrik yang dapat dikonsumsi seluruh penduduk San Antonio.

Menyusul kesepakatan tersebut, sekira 90 persen dari kotoran manusia yang dibuang dari toilet akan dipisahkan untuk di daur ulang. Zat cair dalam kotoran tersebut akan digunakan untuk irigasi, sampah padat yang terbuang kebanyakan digunakan untuk pupuk, sedangkan gas metan akan digunakan untuk pembangkit listrik.


1 Response to “Kotoran Manusia Bisa Jadi Pembangkit Listrik”


  1. 1 indra
    December 10, 2008 at 10:53 am

    that is good.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: