11
Sep
08

Kurangi Daging, Atasi Global Warming

”Meluangkan satu hari tanpa daging akan membantu mengurangi efek global warming dan menyelamatkan planet (bumi).” Seruan itu dilontarkan Dr Rajendra Pachauri, ahli lingkungan yang duduk di Panel Antar Pemerintah mengenai Perubahan Iklim PBB.

Menurut peraih Nobel Perdamaian 2007 dari India itu, mengurangi konsumsi daging dan menggantinya dengan sayuran merupakan upaya mudah dalam menurunkan efek gas rumah kaca. Langkah tersebut dinilai jauh lebih efektif daripada mengurangi BBM. Pasalnya, sehari tanpa daging dalam seminggu ini dapat dilakukan oleh semua kalangan, mulai balita sampai yang lanjut usia.

Pachauri memaparkan, hasil riset Worldwatch Institute menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 20 tahun, seiring meningkatnya kesejahteraan dan jumlah penduduk negara berkembang seperti Tiongkok dan India, konsumsi daging juga akan melonjak. Nah, otomatis gas metana yang dihasilkan pun bertambah banyak. Padahal, gas hasil industri daging itu jauh lebih jahat daripada karbondioksida hasil pembakaran kendaraan. Menurut Pachauri, 18 persen dari jumlah gas rumah kaca di dunia dihasilkan dari produksi peternakan.

Namun, kampanye mengurangi konsumsi daging tersebut ditepis Ben Bradshaw, menteri kesehatan negara bagian South West, Inggris. Dijelaskan, konsumsi daging bukanlah kontributor terbesar dalam perubahan iklim saat ini.

Menurut Bradshaw, ”Diet tanpa daging merupakan sebuah isu sensitif. Beberapa orang memang mengonsumsi daging secara berlebih. Namun, masih banyak hal lain yang bisa dilakukan dalam upaya menurunkan efek gas rumah kaca.”

Pernyataan Bradshaw didukung Stuart Roberts, direktur Asosiasi Pengolahan Daging dari Inggris. ”Industri daging di Inggris sudah serius bertanggung jawab terhadap lingkungan. Bahkan, jumlah gas metan hasil produksi daging di Inggris sudah menurun signifikan,” ujarnya seperti dilansir Daily Mail.

Persatuan Peternak Inggris menyatakan bahwa pengurangan produksi daging justru akan mengakibatkan lebih banyak masalah. Tapi dengan cara ini masih terjadi pro dan kontra. Bagaimana menurut kalian???


0 Responses to “Kurangi Daging, Atasi Global Warming”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: