21
Aug
08

Juara Honda DBL North Region

Hasil Honda DBL 2008 East Java – North Region
DBL Arena, Surabaya

Juara North Region
Final Cewek :
SMA Ciputra Surabaya (49)
SMA Untung Suropati (40)

Final Cowok :
SMA Petra 4 Sidoarjo (89)
SMAN 1 Puri Mojokerto (64)

Tim putri SMA Ciputra Surabaya dan tim putra SMA Petra 4 Sidoarjo kemarin berpesta. Mereka berhasil menjadi champion Honda DetEksi Basketball League (DBL) 2008 Jawa Timur wilayah North. Dalam pertandingan di DBL Arena Surabaya, Ciputra mengalahkan SMA Untung Suropati Sidoarjo, 49-40. Sedangkan Petra 4 menundukkan SMAN 1 Puri Mojokerto, 89-64.

Sebagai hadiah, mereka bakal tampil di even bersejarah. Sabtu lusa (23/8), mereka akan bertanding di final Jawa Timur, melawan tim-tim juara dari wilayah South. Ciputra berebut gelar Honda DBL 2008 Jatim melawan SMAN 8 Malang, sementara Petra 4 menghadapi SMAN 2 Jember. Itu adalah pertandingan basket resmi pertama di Indonesia yang disaksikan oleh seorang bintang National Basketball Association (NBA).

Danny Granger, top scorer Indiana Pacers, bakal tampil dalam final yang juga diselenggarakan di DBL Arena itu. Dia akan menyapa penonton, melakukan tip-off, dan mengalungkan medali juara kepada para champion.

Sehari kemudian (Minggu, 24/8), tim-tim juara itu berkumpul dengan para juara dari sembilan provinsi lain di Indonesia. Semua bertemu lagi dengan Danny Granger, mendapatkan materi latihan dalam even resmi NBA pertama di Indonesia: NBA Basketball Clinic.

Bagi SMA Ciputra, sukses ini adalah buah penantian setahun. Pada 2007 lalu, Stefilia Anindita dkk kalah di final (belum ada pemisahan wilayah). Begitu resmi menjadi champion wilayah North, para pemain Ciputra langsung menangis sambil berpelukan di tengah lapangan. Ratusan suporter di tribun DBL Arena lantas mengelu-elukan nama sang pelatih, “Soewondo! Soewondo!”

Kemenangan ini menjadi semakin istimewa, karena bertepatan dengan ulang tahun Sweet Seventeen sang kapten, Stephanie Halim. Para suporter membentangkan spanduk bertuliskan, “Happy b’Day Pingxx” (baca: Happy birthday Ping Ping, panggilan Stephanie). Di ruang ganti, perayaan belum berakhir, Stefilia Anindita membawakan kue tar dengan lilin berbentuk angka 17. Semua pemain dan ofisial lantas menyanyikan lagu ulang tahun bersama.

“Aku terharu banget. Sampai nangis…” ujar Stephanie. Baginya, kemenangan ini seperti mendapatkan harta karun yang telah ditunggu-tunggu begitu lama. “Kayak dapat barang yang sudah lama banget aku tunggu. Tahun lalu, kalahnya nggak puas. Tahun ini, tertebus semua,” imbuhnya.

Meskipun luar biasa gembira, Stephanie tak lupa bersyukur. Pertandingan itu memang cukup berat. Untung Suropati terus memberi perlawanan hebat.

“Waktu ketinggalan 39-40, rasanya sudah grogi banget. Tapi, aku ingat kata-kata penyemangat teman-teman di MSN (messenger online, Red) tadi pagi. Aku lupa tepatnya gimana. Tapi, bunyinya ‘Sakit cuma sementara, to be champion is forever’. Akhirnya, aku jadi semangat lagi. Mati-matian di lapangan, dan akhirnya menang,” ujarnya dengan raut wajah gembira.

Pada pertandingan kedua tadi malam, Petra 4 menunjukkan kelas sebagai juara bertahan. Oei Abraham Yoel dkk mampu unggul sejak kuarter pertama. Begitu half-time, skor sudah jauh, 42-22.

Meski ketinggalan jauh, SMAN 1 Puri Mojokerto menunjukkan ciri khasnya. Mereka terus bekerja keras, berapa pun skornya. Rombongan suporter mereka kemarin merupakan yang terbanyak, dan para suporter itu juga tidak pernah patah semangat. Terus menyoraki sampai akhir.

Pertandingan berakhir 89-64. Yoel, yang disebut-sebut sebagai pemain terbaik di Jatim, mencetak 35 poin, tujuh rebound, dan enam steal. Center Petra 4, Dian Samuel Hasudungan, menambah 20 poin dan enam rebound.

Usai menang, Yoel langsung menemui kedua orang tuanya, Guyub Manggala Kencana dan Citra Renawati. Ini adalah momen menyentuh. Sebab, sang ayah baru kali ini bisa melihat langsung aksi sang anak saat final. Sebelumnya, dia selalu punya acara kantor mendadak.

Padahal, Yoel sudah pernah merasakan jawara DBL dua kali. Waktu bersama SMP Petra 4 pada 2005, dan ketika SMA Petra 4 meraih gelar pertama tahun lalu.

Tadi malam, Guyub datang mengenakan jersey final Yoel tahun lalu. Sang ibu mengenakan jersey final Yoel saat masih SMP. “Kali ini saya cancel semua acara demi melihat Yoel tanding. Kasihan dia selalu menang tapi nggak pernah disaksikan ayahnya. Akhirnya saya bisa melihat dengan mata kepala sendiri kemenangannya. Saya benar-benar bangga pada Yoel,” jelas bapak dari lima anak ini.

Final yang disaksikan sekitar hampir 5.000 penonton kemarin juga dimeriahkan oleh Rini Idol, salah satu ambassador Honda Beat. Dia menyanyikan lima lagu di sela-sela kedua pertandingan. Setelah tampil, Rini menyampaikan kekagumannya terhadap kompetisi basket terheboh di Indonesia ini. (Sumber : deteksibasketball.com)

SMA Petra 4 Sidoarjo

SMA Petra 4 Sidoarjo

SMA Ciputra Surabaya

SMA Ciputra Surabaya


0 Responses to “Juara Honda DBL North Region”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: