19
Aug
08

Arema 2 vs 0 PSM Makassar

Arema berhasil meraih kemenangan pertama pada laga home Indonesia Super League (ISL) 2008/09 setelah menang 2-0 atas PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang (18/8). Dua gol Arema masing-masing dicetak oleh Emaleu Serge dan Emile Mbamba. Kemenangan ini sekaligus mencatatkan Arema sebagai tim pertama yang berhasil meraih tiga poin dari tim Juku Eja hingga pekan ke tujuh ISL 2008/09.

Arema kembali menurunkan pemain debutan, yaitu kiper Dadang Sudrajat dan gelandang Ahmad Sembiring. Suroso yang telah sembuh dari cedera mengisi sentral pertahanan sekaligus kapten tim. Fandy Mochtar digeser lebih ke belakang sebagai wingback kiri, sementara Hendra Ridwan kembali menjadi pemain jangkar di lini tengah. Emile Mbamba menjadi andalan di lini depan setelah bebas dari akumulasi kartu kuning.

PSM Makassar turun dengan kekuatan penuh, termasuk kapten tim Syamsul Chaerudin yang telah bebas dari akumulasi kartu. PSM Mengandalkan lima legiun asingnya, Quadja, Ali Khadafi, Claudio Pronetto, Aldo Baretto, dan Julio Lopez.

Emaleu Serge mengakhiri paceklik golnya setelah mencetak gol pada menit ke 6 awal babak pertama sekaligus membawa Arema unggul 1-0. Gol Serge tercipta melalui heading memanfaatkan umpan crossing dari free kick Arif Suyono di sisi kiri pertahanan PSM Makassar.

Tertinggal di menit-menit awal, PSM mencoba bangkit melalui serangan sporadis, tercatat Julio Lopez dan Ouadja Sakibou memiliki peluang mencetak gol meski penyelesaian mereka kurang maksimal.

Arema berpeluang menggandakan skor setelah pada menit ke 15 Emaleu Serge yang lepas dari sayap kanan melepaskan umpan crossing mendatar kepada Emile Mbamba. Kontrol bola yang kurang sempurna dan kesigapan kiper PSM, Syamsidar membuat gawang PSM tetap aman.

Pemain belakang PSM, Handy Hamzah, menjadi pemain pertama yang memperoleh pada pertandingan tersebut setelah melanggar Emile Mbamba.

Syamsidar kembali membuat penyelematan gemilang saat menepis tendangan bebas Emile Mbamba dari jarak sekitar 30 meter pada menit ke 26.

Melalui sebuah serangan balik cepat, PSM hampir menyamakan kedudukan melalui Irsyad Aras. Setelah menerima umpan dari Julio Lopez di dalam kotak penalti, Irsyad yang tidak terkawal gagal mencetak gol setelah tendangan keras kaki kannyanya melebar tipis di sisi kanan gawang Dadang Sudrajat.

Selang beberapa menit kemudian, Aaron Nguimbat hampir mencetak gol yang berawal dari tendangan penjuru Arif Suyono. Heading jarak dekat bek bongsor asal Kamerun tersebut masih mampu ditepis oleh Syamsidar.

Pada akhir babak pertama, Erick Setiawan menjadi pemain pertama Arema yang menerima karti kuning setelah melanggar Claudio Pronetto.

Awal babak kedua, Julio Lopez yang lepas dari perangkap offside gagal mencetak gol setelah tendangannya mampu ditepis oleh Dadang Sudarjat.

Pada menit ke 62, Richie Pravita Hari masuk menggantikan Suroso yang cedera dan tidak bisa melanjutkan pertandingan. Ban kapten Arema pun berpindah ke lengan Emile Mbamba.

Selang beberapa menit kemudian, Emile Mbamba mencetak gol sekaligus merubah kedudukan menjadi 2-0 melalui heading memanfaatkan kesalahan antisipasi bola dari kiper PSM, Syamsidar.

Tertinggal dua gol, PSM yang dimotori duet lini tengah Claudio Pronetto dan Ali Khadafi terus mengurung pertahanan Arema. Namun penampilan cukup impresif diperlihatkan penjaga gawang debutan Arema, Dadang Sudrajat, yang mampu mementahkan sejumlah peluang PSM.

Pada menit ke 78, Dadang Sudrajat kembali membuat penyelamatan dengan menahan heading Aldo Baretto memanfaatkan umpan crossing Irsyad Aras dari sayap kanan PSM.

Konsentrasi menyerang membuat lini perahanan PSM rapuh. Emlaeu Serge beberapa kali mampu melakukan solo run menuju kotak penati PSM meskipun umpannya kepada Emile Mbamba gagal dikonversi menjadi gol ketiga. Tendangan bebas Emile Mbamba pada menit akhir injury time juga masih mampu ditangkap oleh Syamsidar.

Kemangan home pertama Arema ini disambut suka cita oleh Aremania karena menjadi kado istimewa bagi Ulang Tahun Arema ke 21 (11 Agustus 2008) dan HUT RI ke 63, sekaligus sebagai hadiah bagi Emaleu Serge yang telah kembali mencetak gol pasca pulih dari cedera.


0 Responses to “Arema 2 vs 0 PSM Makassar”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: