13
Aug
08

Tolak Liberalisasi Pendidikan

Gerakan menolak liberalisasi pendidikan muncul di Jakarta. Puluhan mahasiswa Universitas Indonesia meminta DPR untuk tidak meneruskan pembahasan RUU Badan Hukum Pendidikan (BHP).

Para demonstran yang berada di depan gedung DPR itu menilai, substansi rancangan undang-undang tersebut sangat bernuansa pro-liberalisasi pendidikan. Bila sampai disahkan, banyak rakyat Indonesia yang akan kehilangan hak-hak untuk mengakses dan memperoleh pendidikan. Sebab, pengelolaan pendidikan dipasrahkan sepenuhnya kepada mekanisme hukum pasar.

Akhirnya, hanya orang-orang yang punya uang saja yang bisa bersekolah. Bagi mereka yang tidak punya cukup banyak uang jadi pikir-pikir untuk bersekolah di sekolah favorit. Dalam RUU BHP, jelas disebutkan bahwa pendidikan adalah bagian dari bidang usaha.

Sementara itu, tahun lalu, diteken Peraturan Presiden Nomor 77 Tahun 2007 tentang daftar bidang usaha yang terbuka untuk penanaman modal asing. Mudah ditebak, sektor pendidikan ikut masuk di sana, mulai tingkat dasar, menengah, sampai pendidikan tinggi dan pendidikan nonformal.

RUU BHP pasti menghambat hak-hak masyarakat dalam mengakses dan memperoleh pendidikan, khususnya bagi para siswa yang orangtuanya memiliki penghasilan menengah ke bawah. Dalam aksi yang berjalan tertib dan santun itu, para demonstran membawa puluhan pamflet. Mereka juga membuat sindiran tajam dengan menuliskan angka Rp 5 juta di sebuah baju.
waduuuh eamng bahaya banget, klo sampe’ pendidikan di jadiin lahan untuk meraup keuntungan lebih!!!

Gimana menurut kalian ???


0 Responses to “Tolak Liberalisasi Pendidikan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: