28
Jul
08

Gerhana Matahari Total Awal Agustus

Awal Agustus, tepatnya 1 Agustus 2008, akan menjadi hari libur wajib bagi mereka yang ingin menyaksikan gerhana matahari total.

Menurut laporan yang dirilis BBC, gerhana matahari kali ini merupakan yang pertama dalam dua setengah tahun terakhir di bumi. Sementara bagi warga Kanada, fenomena ini akan menjadi yang pertama sejak gerhana matahari total melintasi negara itu pada 26 Februari 1979.

“Bayangan umbra Bulan akan melintas dari Kanada, kemudian menuju Greenland bagian Utara, Arktik, Rusia bagian tengah, Mongolia, dan berakhir pada saat matahari terbenam di China. Gerhana Matahari sebagian dapat terlihat pada lintasan yang lebih lebar dari bayangan penumbral bulan, yang meliputi Amerika Utara, serta sebagian besar wilayah Eropa dan Asia,” tulis BBC.

Yang menarik, bagi warga Negeri Tirai Bambu, fenomena alam ini terjadi hanya sehari jelang pelaksanaan Olimpiade Beijing. Sejumlah pihak di China menganggap gerhana matahari total kali ini menjadi semacam kado indah bagi rakyat China.

“Ini momen yang sangat langka bagi warga China. Kami senang menyambutnya,” kata sejumlah warga Beijing. Para pakar astronomi memperkirakan gerhana akan dimulai pada pukul 09.23 UT (06.23 WIB) dan berakhir pada 11.20 UT (18.20 WIB). Sementara puncak gerhana terjadi pada 10.21:07 UT (17.21:07 WIB) ketika matahari berada di atas koordinat 65 derajat Lintang Utara (LU)?72 derajat Bujur Timur (BT), selama dua menit 27 detik.

Selama lebih dari dua jam, umbra bulan akan melintasi jarak sepanjang 10.200 km, yang meliputi 0,4 persen area permukaan bumi. Gerhana matahari terjadi ketika posisi Bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Walaupun bulan lebih kecil, bayangan bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 km dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang mempunyai jarak rata- rata 149.680.000 km.

Menurut para ilmuwan, gerhana matahari dibagi dalam tiga jenis, yakni gerhana total, gerhana sebagian, dan gerhana cincin. Gerhana matahari total terjadi saat puncak gerhana, piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Saat itu piringan bulan sama besar atau lebih besar dari piringan matahari. Ukuran piringan matahari dan piringan bulan sendiri berubah-ubah bergantung pada masing-masing jarak bumi-bulan dan bumi- matahari.

Sementara gerhana sebagian terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan matahari yang tidak tertutup piringan bulan. Adapun gerhana cincin terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Guna menghindari kebutaan, orang dilarang melihat ke arah matahari dengan mata telanjang.

Melihat secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari matahari) walaupun hanya dalam beberapa detik dapat mengakibatkan kerusakan permanen retina mata karena radiasi tinggi yang tak terlihat yang dipancarkan dari fotosfer.

Mengamati gerhana matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Kaca mata jenis sunglasses tidak aman karena tidak bisa menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata.(Sumber : okezone.com)


0 Responses to “Gerhana Matahari Total Awal Agustus”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: