28
Jul
08

AREMA 0 v 2 PELITA JAYA

Aremania

Aremania

Arema Frustasi

Dua kemenangan yang dihasilkan Arema di kandang lawan melambungkan kepercayaan diri pemain Arema Malang. Singo Edan -julukan Arema- pun diprediksi menang saat melakoni laga home pertama Indonesia Super League (ISL) di Stadion Kanjuruhan kemarin (27/7). Namun, alih-alih menang, Arema yang tampil di hadapan puluhan ribu pendukungnya itu justru dipermalukan Pelita Jaya dengan skor 0-2 (0-0).

Hasil buruk tersebut berbalik 180 derajat dengan kedigdayaan Arema ketika mengalahkan Persita Tangerang 2-0 (12/7) dan Persijap Jepara 2-1 (19/7). Setelah tampil gemilang pada dua laga away, Emile Bertrand Mbamba dkk justru antiklimaks saat tampil di kandang. Dukungan penonton belum mampu mengangkat mental tanding pemain Arema.

Sebaliknya, pemain Pelita justru tampil begitu rileks dan berhasil memanfaatkan kondisi mental pemain Arema yang terbebani target menang. Dua gol kemenangan Pelita dicetak pemain asal Brazil, Christian Lopez, masing-masing pada menit ke-61 dan 87.

Pada babak pertama Arema praktis menguasai jalannya pertandingan. Tekanan terus dilakukan ke jantung pertahanan Pelita. Serangan bergelombang itu mudah dipatahkan lini belakang Pelita, apalagi kiper Dian Agus tampil mengesankan dengan menggagalkan serangan Arema. Serge dan Mbamba tidak memiliki ruang gerak yang leluasa melepaskan tembakan karena kawalan ketat lini belakang Pelita.

Alur serangan Arema tidak berjalan lancar, karena para pemain gelandang kalah bersaing dengan lini tengah Pelita. Pelatih Fandi Ahmad beruntung memiliki play maker cerdik seperti Firman Utina. Pemain bernomor punggung 15 itu mampu menunjukkan permainan terbaiknya, sama seperti saat dia masih memperkuat Arema. Aksi individu maupun kemampuannya mengorganisir serangan sangat prima sehingga membuat lini tengah Arema kedodoran. Benson dan Suoulaiman Troure tak mampu menandingi mobilitas Utina.

Kendalan lini tengah itu benar-benar dimanfaatkan Pelita untuk menoba mencuri gol pada babak kedua. Mereka tampaknya sudah tahu titik lemah Arema. Selain lini tengah yang di bawah form, lini belakang juga menjadi titik lemah. Sektor bek kiri benar-benar diincar Pelita untuk terus ditekan. Gol pertama berawal dari aksi Utina yang menggiring bola dari tengan yang kemudian memberi assist kepada Lopes yang menyambut di sektor kiri Arema. Dari sudut sempit, Lopes melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihadang kiper M Yasir.

Nasib Yasir juga dialami penggantinya Kurnia Meiga yang harus memungut bola dari gawangnya setelah Lopes mampu melepaskan diri dari jebakan offside. Sontekan Lopes tak mampu diantisipasi Meiga yang merubah kedudukan menjadi 0 – 2. Tak lama setelah itu, pertandingan pun usai, dan Arema mendapat aib di kandang sendiri.

Tapi Aremania tampil beda di Stadion Kanjuruhan, Malang, kemarin (27/7). Tidak ada atribut Aremania yang mereka kenakan. Beragam spanduk dan atribut lain berwarna biru yang menjadi ciri khas pendukung Arema itu juga tak terlihat. Sebaliknya, justru bendera merah putih yang berkibar. Mayoritas Aremania memilih mengenakan kaus hitam. Sebagai tanda Aremania berduka atas sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI yang melarang masuknya atribut Aremania ke dalam stadion. Sanksi tersebut dijatuhkan setelah kerusuhan di Stadion Brawijaya, Kediri, melibatkan anggota Aremania pada babak delapan besar Liga Indonesia musim lalu.

Apa yang disajikan oleh Aremania kemarin diapresiasi oleh Direktur Kompetisi Badan Liga Sepak Bola Indonesia (BLI) Joko Driyono. Kebetulan, dia hadir langsung di Stadion Kanjuruhan untuk menyaksikan pertandingan antara Arema melawan Pelita Jaya.


0 Responses to “AREMA 0 v 2 PELITA JAYA”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: