25
Jun
08

UNO MOTOR

Uno Motor

Spesifikasi motor berikut, tidak ada yang istimewa. Sebuah sepeda motor yang bodinya menyontek Yamaha R1 dan punya dua roda. Wajar-wajar saja!

Keanehan baru terasa ketika melihat tampilannya. Ternyata, dua roda yang dimaksud tidak diletakkan satu di depan dan satu di belakang. Dua-duanya berada di tengah, dipasang berdampingan. Itulah UnoMoto, sebuah sepeda motor unicycle.

Apa tidak mudah jatuh? Tentu tidak. Rahasia yang mampu membuat UnoMoto tidak mudah jatuh adalah dua roda yang dipasang di tengah. Pemasangan berdampingan membuat pengendara tidak membutuhkan keseimbangan. Gerigi pada poros roda punya dua posisi dasar. Yaitu, mengunci bodi utama dalam posisi siap melaju dan diam.

Tombol on/off yang diletakkan pada setang kemudi adalah tombol untuk mengatur gerigi pada poros roda. Ketika tombol on ditekan, gerigi membuat bodi utama berada pada posisi melaju dan mesin menyala. Sedangkan tombol off membuat bodi belakang turun sampai menyentuh tanah dan mesin mati.

Ketika UnoMoto sudah ada dalam posisi melaju, pengendara bisa mengendalikan motor itu semudah mengendalikan motor biasa. Ketika menikung, suspensi satu di antara dua roda yang dipasang berdampingan tersebut akan memendek. Ketika berbelok ke kanan, suspensi ban kanan memendek.

Untuk sementara, UnoMoto hanya punya kecepatan maksimal 40 km per jam. Masih ada potensi untuk dikembangkan. “Kendaraan itu hebat. Panjang bodi efektif dan sangat modern,” ujar Ben Gulak, engineer asal Kanada yang sudah mencoba UnoMoto.


1 Response to “UNO MOTOR”



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: