23
Jun
08

Spanyol Lolos Ke Semifinal

WINATimnas Spanyol berhasil menghapus kutukan kalah dari Italia. Tim Matador lolos ke babak semifinal setelah menang melalui adu penalti 4-2 (0-0) atas Azzurri di Ernst Happel, Senin (23/6/2008) dini hari WIB. Spanyol pantas memenangkan pertandingan ini. Pasalnya, Matador menguasai penuh jalannya pertandingan ini.

Meski begitu, Simone Perotta sempat membuka peluang buat Italia pada menit ke-19. Namun, sundulan Perotta setelah menerima umpan Massimo Ambrosini, masih terlalu lemah dan mudah ditangkap kiper Spanyol yang dikawal Iker Casilas.

Spanyol membalas serangan Italia lewat tendangan keras David Silva di menit ke-25. Sayang, tendangan pemain Valencia itu masih terlalu mengarah ke arah kiper Azzurri Gianluigi Buffon.

Silva sepertinya benar-benar menjadi ancaman serius pertahanan Italia. Peluang melalui gelandang lincah itu kembali tercipta. Tapi, tendangan Silva kembali berhasil diselamatkan oleh Buffon.

Matador terus menggempur pertahanan Italia. Sebaliknya, Azzurri hanya bisa melakukan tekanan ke pertahanan Spanyol melalui serangan balik. Meskipun begitu, skor tanpa gol tetap bertahan hingga turun minum.

Taktik menyerang dilancarkan oleh Spanyol di babak kedua. Matador terus menekan pertahanan Italia. Tak kunjung bisa mencetak gol, kedua kesebelasan memutuskan untuk melakukan pergantian.

Italia memasukkan gelandang Juventus Mauro Camoranesi untuk menggantikan Perrotta. Sementara Spanyol melakukan pergantian dua kali dengan memasukkan Santiago Cazorla dan Cesc Fabregas menggantikan Andres Iniesta dan Xavi Hernandez.

Pergantian itu setidaknya mampu mengubah tempo permainan Italia. Terbukti, Camoranesi langsung mengancam gawang Casillas pada menit ke-61. Beruntung, tendangan Camoranesi dapat diselamatkan kiper asal Real Madrid itu.

Namun, Spanyol kembali mengancam gawang Italia. Kali ini, dua peluang emas tercipta melalui tendangan keras Marcos Senna. Sayang, dua tendangan gelandang asal Brasil itu di menit ke-79 dan 81 masih dapat dihalau Buffon.

Spanyol terus menekan pertahanan Italia. Tak kunjung mencetak gol, Luis Aragones melakukan pergantian dengan memasukkan Dani Guiza menggantikan Torres. Namun, skor tanpa gol kembali bertahan hingga wasit meniup tanda berakhirnya pertandingan.

Duel ini pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Setelah dilakukan 2×15 menit extra time, Spanyol dan Italia gagal mencetak gol. Praktis, kedua kesebalasan harus jalani pertandingan melalui tendangan penalti.

Dari lima eksekutor Spanyol hanya Guiza yang gagal. Sedangkan sisanya Villa, Santiago Cazorla, Marcos Senna, dan Fabregas berhasil menjebol gawang Buffon.

Sementara dari Italia hanya dua yang berhasil yakni Fabio Grosso, dan Mauro Camoranesi. Sedangkan Danielle De Rossi dan Antonio Di Natale gagal menembus jala Casillas.

Hasil ini, maka Spanyol lolos ke babak semifinal. Casillas dkk akan menantang Rusia yang lolos usai mengalahkan Belanda 3-1 di babak perempatfinal.


0 Responses to “Spanyol Lolos Ke Semifinal”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: