22
Jun
08

Turki Lolos Ke Semifinal

Turki Bangkit dari Kematian
Optimistis Atasi Jerman di Semifinal
WINA –Sukses Turki meraih tiket semifinal melambungkan kepercayaan diri tim tersebut. Mereka tak gentar menghadapi Jerman dalam pertandingan semifinal di Stadion Jakob Park Basel, Swiss, pada 25 Juni nanti.

”Jika Anda melihat perjalanan kami, kami selalu berhasil bangkit dan itu tidak mudah. Kami berharap dapat mengatasi Jerman, tidak ada akhir dari sukses kami,” ujar pelatih Turki Fatih Terim.

Dalam dua pertandingan terakhir penyisihan grup, Turki memang menunjukkan mental bertarung luar biasa. Setelah kalah dari Portugal di laga pertama, Turki berhasil merebut dua pertandingan lain sehingga lolos ke perempat final. Saat melawan Swiss, anak buah Terim sempat ketinggalan satu gol sebelum akhirnya menang 2-1.

Cerita yang sama terjadi saat menghadapi Republik Ceko. Turki sempat ketingalan dua gol sebelum kemudian bangkit dan menang 3-2! ”Kami seperti bangkit dari kematian. Kami selalu berusaha keras, menunjukkan betapa hebatnya tim ini. Jika Anda punya pemain seperti ini, Anda tidak akan pernah kalah,” kata Terim.

Meski begitu, Turki bukan tak punya kendala. Mereka bakal kehilangan beberapa pemain saat menghadapi Jerman. Setidaknya tiga pemain terkena akumulasi kartu dan tidak bisa main. Mereka adalah Emre Asik, Tuncay Sanli, dan Arda Turan. Selain itu, sejumlah pemain Turki juga dikabarkan mengalami cedera.

Namun, hal itu tak menyurutkan optimisme Terim. ”Saya kira kami masih bisa meraih hasil yang lebih baik. Seandainya kami tidak bisa tampil dengan kekuatan penuh, kami tetap tim yang istimewa. Ada sesuatu yang spesial di tim ini,” katanya.

Hal yang sama dirasakan Hamit Altintop. Pemain Turki itu optimistis mereka bisa meladeni Jerman yang lebih diunggulkan. ”Kami selalu melakukan diskusi sebelum pertandingan. Baru setelah itu bersiap menghadapinya. Tidak ada tim yang harus kami takuti,” katanya.

Pelatih Kroasia Slaven Bilic menilai Turki punya peluang menaklukkan Jerman. Selain kemampuan teknik pemainnya, menurut Bilic, Turki punya kelebihan lain yang sangat dibutuhkan dalam sepak bola, yakni semangat pantang menyerah. ”Jika mereka terus beruntung dan tidak pernah menyerah, saya kira Turki bisa mencapai final,” kata Bilic.

Kemenangan Turki atas Kroasia di Stadion Ernst Happel Wina kemarin bak sebuah drama. Setelah melakoni pertandingan 2×45 menit, perpanjangan waktu 2×15 menit, dan adu penalti, Turki akhirnya lolos ke semifinal dengan kemenangan 3-1. Ini adalah kali pertama Turki lolos ke babak empat besar dalam sejarah partisipasi mereka di pentas Piala Eropa.

Puncak drama terjadi ketika kiper Turki Rustu Recber sukses menggagalkan eksekusi penalti penendang keempat Krosia Mladen Patric. Sejurus kemudian pemain Turki berlari ke tengah lapangan. Mereka melompat dan meluapkan kegembiraan. Disambut sorak-sorai ribuan pendukungya di atas tribun.

Sebaliknya, kubu Kroasia berduka. Para pemain ”bergelimpangan” di atas lapangan. Beberapa di antarnya menangis, tak kuasa menahan kecewa. Pelatih Kroasia Slaven Bilic mendatangi satu persatu pemainnya, mencoba menenangkan mereka. Sementara di tribun penonton, pendukung Kroasia yang mendominasi stadion juga disaput kesedihan.


0 Responses to “Turki Lolos Ke Semifinal”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: