22
Jun
08

Ramai-ramai Nikah Bareng Olimpiade

BEIJING – Daya tarik Olimpiade, tampaknya, jauh melampaui wilayah olahraga. Apalagi, Olimpiade Beijing dijadwalkan pada hari kedelapan, bulan kedelapan, tahun 2008. Itu dianggap sebagai hari spesial untuk mengikat janji setia. Tak aneh, ribuan pasangan antre mendaftarkan diri untuk menikah bertepatan dengan pembukaan pesta olahraga dunia tersebut.

“Direktur pencatatan nikah juga berjanji menyiapkan surat nikah kepada seluruh pasangan yang sudah terdaftar,” lapor Xinhua, kantor berita pemerintah Tiongkok. Panitia Olimpiade Beijing juga tak keberatan memfasilitasi “pernikahan masal” yang diadakan pada hari pertama momen olahraga terakbar sejagat itu.

Sejauh ini, menurut Xinhua, 9.000 lebih pasangan sudah terdaftar sebagai peserta nikah masal pada hari istimewa tersebut. “Pada Jumat (20/6) saja, 1.000 pasangan rela antre berjam-jam untuk mendaftarkan diri,” katanya.

Bagi masyarakat Tionghoa, angka delapan memang dianggap bermakna lebih. Kekuatan angka delapan juga dianggap istimewa. Dalam keyakinan tradisional Tiongkok, angka delapan berarti simbol kemakmuran dan kekayaan.

Di antara anggota masyarakat yang memegang teguh keyakinan tersebut, banyak yang berusaha memiliki sebanyak-banyaknya angka delapan dalam kehidupan mereka. Misalnya, banyak warga berusaha memilih sebanyak-banyaknya angka delapan pada nomor ponsel dan pelat nomor kendaraan. Untuk mendapatkan itu, mereka rela merogoh kocek lebih dalam.

Akan halnya pembukaan Olimpiade, penyelenggara bahkan memperpanjang deretan angka delapan dengan menjadwalkan momen itu pada pukul delapan malam. Diduga, pilihan saat pembukaan dengan deretan panjang angka delapan tersebut dimaksudkan agar perhelatan akbar itu berlangsung aman dan lancar.


0 Responses to “Ramai-ramai Nikah Bareng Olimpiade”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: