20
Jun
08

Jerman Ke Semifinal

BASEL – Jerman memastikan diri melaju ke babak semifinal Euro 2008, usai mengalahkan juara Grup A, Portugal 3-2, pada laga perempatfinal, di St. Jakob-Park, Jumat (20/6/2008).

Tiga gol Jerman dicetak, Bastian Schweinsteiger, Miroslav Klose dan Michael Ballack. Sementara gol balasan Portugal dicetak oleh Nuno Gomes dan Helder Postiga.

Tampil tanpa didampingi Joachim Loew yang mendapat hukuman, Jerman mampu bermain impresif. Lukas Podolski yang semula diragukan tampil, ternyata dimainkan sebagai starter dan striker mendampingi Miroslav Klose. Bastian Schweinsteiger juga dipasang sebagai starter setelah menjalani masa hukuman.

Sementara Portugal menurunkan semua pemain utamanya. Cristiano Ronaldo, Deco dan Joao Moutinho dipasang, untuk mendukung kinerja striker Nuno Gomes sebagai bomber tunggal.

Kedua tim sudah menampilkan permainan terbuka sejak menit awal pertandingan. Cristiano Ronaldo hampir membuka skor di menit 18, ketika tinggal berhadapan dengan kiper Jens Lehmann. Beruntung bek Arne Friedrich, sigap memotong bola sebelum CR-7 mengeksekusi bola.

Dua menit berselang giliran Moutinho yang mengancam gawang Lehmann. Umpan Bosingwa dari sisi kanan, mengarah kepada Moutinho, tapi pemain bernomor 10 ini menyambut bola dengan lutut, hingga bola malah ke atas mistar Lehmann.

Jerman membuka keunggulan 1-0. Adalah Bastian Schweinsteiger yang merobek gawang Ricardo. Umpan silang Podolski yang melakukan sayatan dari sektor kanan pertahanan Portugal, sukses disontek Schweinsteiger.

Empat menit kemudian Tim Panser menambah keunggulannya menjadi 2-0. Kali ini giliran Schweinsteiger yang menjadi pengumpan. Umpan tendnagan bebasnya disundul dengan baik oleh Klose. Inilah gol pertama Klose di Euro 2008.

Portugal memperkecil kedudukan menjadi 2-1 di menit 40. Serangan balik cepat diperagakan pasukan Luis Felipe Scolari ini. CR-7 yang sudah berhadapan dengan Lehmann, gagal mengeksekusi bola, beruntung bola rebound jatuh ke kaki Nuno Gomes, yang dengan lugas menceploskan bola ke gawang. Kendati sempat mengenai kaki Cristoph Metzelder, bola tetap masuk ke gawang Lehmann.

Peluang terakhir dimiliki CR-7, kembali melalui serangan balik cepat dari sisi kiri pertahanan Jerman. Tapi, tendangan Ronaldo hanya tipis melintas di mulut gawang Lehmann. Skor 2-1 bertahan hingga rehat.

Di babak kedua permainan tidak berubah. Kedua tim masih menampilkan serangan cepat. Pepe sempat mengancam gawang Lehmann, tapi sundulannya menyambut umpan corner masih terlalu tinggi.

Tim Panser malah menambah keunggulannya menjadi 3-1. Serupa dengan gol kedua, bola tendangan bebas Bastian, kali ini sukses disundul Michael Ballack dan memaksa Ricardo memungut bola untuk ketiga kalinya.

Seperti biasa, Scolari memutuskan untuk menempatkan Ronaldo sebagai ujung tombak menggantikan Nuno yang ditarik keluar dan digantikan Nani. Tapi hasilnya belum memuaskan, Seleccao malah sering membuang bola dengan melepaskan tendangan spekulasi.

Helder Postiga membuka harapan dengan memperkecil keadaan menjadi 3-2. Umpan silang Simao, disambut sundulan Postiga yang lolos dari jebakan off-side.

Tapi, hingga laga usai, Portugal gagal menambah angka untuk menyamakan kedudukan. Jerman pun keluar sebagai pemenang dan meraih tiket semifinal pertama. Di semifinal, Jerman akan menantikan pemenang laga perempatfinal lainnya antara Kroasia melawan Turki


1 Response to “Jerman Ke Semifinal”


  1. June 20, 2008 at 6:31 am

    Selamat buat Jerman, tapi sedih juga Portugal kalah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: