19
Jun
08

boston celtic juara nba 2008

Boston Celtic

Habisi Lakers 131-92, Boston Celtics Rebut Gelar Juara Nomor 17 BOSTON – Musim NBA 2007-2008 berakhir tanpa perlawanan. Boston Celtics berhasil mengunci gelar dengan mudah. Pada game keenam NBA Finals kemarin WIB, Kevin Garnett dkk menghancurkan Los Angeles Lakers 131-92. Alhasil, Celtics memenangi seri best-of-seven itu 4-2. Gelar ini adalah yang ke-17 dalam sejarah tim, yang pertama sejak 1986.

Tampil di hadapan publik sendiri di TD Banknorth Garden, Celtics benar-benar ngotot sejak awal. Hanya unggul 24-20 setelah kuarter pertama, Celtics tancap gas pada kuarter kedua. Pada kuarter itu saja, Celtics unggul 34-19.

Kemenangan (dan gelar) pun sudah di depan mata. “Habis sudah,” kata Garnett saat akan turun minum.

Benar saja. Sejak saat itu, Lakers tak mampu lagi mengimbangi permainan Celtics. Skor pun berakhir sangat timpang. Beda 39 poin itu adalah yang tertinggi dalam sejarah NBA untuk pertandingan pengunci gelar. Rekor sebelumnya juga dipegang Celtics, juga mengalahkan Lakers, pada game kelima NBA Finals 1965, 129-96.

Untuk NBA Finals secara keseluruhan, kemenangan kemarin adalah yang terbesar kedua dalam sejarah. Pada 1998, Michael Jordan dan Chicago Bulls sempat menang 96-54 atas Utah Jazz (beda 42 poin).

Big Three Celtics kemarin tampil solid. Garnett mencetak 26 poin dan 14 rebound. Ray Allen mencetak 26 poin, memasukkan tujuh dari delapan tembakan tiga angka. Secara keseluruhan, Allen memasukkan 22 tembakan tiga angka selama enam game final, menyamai rekor NBA.

Paul Pierce lagi-lagi mantap, memasukkan 17 poin plus menyumbang sepuluh assist.

Usai pertandingan, tiga superstar itu menunjukkan kepuasan luar biasa. Maklum, bagi mereka ini adalah gelar pertama. Garnett sempat tak kuasa bicara usai pertandingan. Berkali-kali meneriakkan kata-kata bahwa dia merasa seperti menguasai dunia. “Top of the world! Top of the world!” teriaknya.

Kemudian, ketika akhirnya sadar diri, Garnett mengucapkan terima kasih kepada semua orang. Termasuk para penggemar dan teman-teman lamanya di Minnesota, tempat dia berkiprah bersama Timberwolves selama belasan tahun.

Sedangkan Pierce mengaku lega bisa menjadi bagian dari legenda Celtics. Sejak awal karir dia memang selalu bersama tim hijau. Selama sepuluh tahun (sejak 1998), dia selalu “dihantui” oleh 16 bendera tanda juara yang menggantung di langit-langit stadion. Sekarang, ada bendera nomor 17. “Dan saya bagian dari itu,” ucapnya.

Dengan kemenangan ini, Celtics juga mengamankan satu lagi rekor. Yaitu rekor juara terbanyak untuk pelatih. Saat ini, rekor itu dipegang bersama oleh dua orang. Mantan pelatih legendaris Celtics, Red Auerbach (yang meninggal pada 2006), punya sembilan titel. Sama dengan yang dimiliki Phil Jackson, pelatih Lakers saat ini.

Andai musim ini Lakers yang juara, maka Jackson pun menyalip Auerbach. Karena Celtics yang juara, para pemain Celtics bilang Auerbach sekarang masih bisa mengisap cerutu dengan bahagia, di mana pun dia berada.

Menghormati ciri khas Auerbach itu, pemilik Celtics, Wyc Grousbeck, ikut merayakan gelar dengan menaruh sebuah cerutu di mulutnya, setelah menerima Trofi Larry O’Brien dari Commissioner NBA David Stern.

Bagi Grousbeck, gelar nomor 17 ini adalah ambisi. Asal tahu saja, dia menamai perusahaannya Banner 17 (bendera nomor 17).

Ribuan pendukung Celtics kemarin langsung merayakan sukses ini di jalan-jalan. Karena pertandingan baru berakhir mendekati tengah malam waktu setempat (upacara trofi baru diselenggarakan tengah malam), mereka pun merayakan gelar itu sampai pagi.


1 Response to “boston celtic juara nba 2008”


  1. June 21, 2008 at 12:47 pm

    Tambahan, mungkin kita juga harus ngasih kredit buat point guard muda Celtics, Rajon Rondo, yang malam itu melakukan enam steals😉. But, The Big Three masih merupakan kunci sukses Celtics sepanjang musim ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: