06
Jun
08

Jembatan Terpanjang Di Atas Laut

Jembatan DonghaiJembatan Donghai

SHANGHAI – Jembatan Teluk Hangzhou Tiongkok, yang disebut-sebut sebagai jembatan terpanjang di atas laut, resmi dibuka untuk umum kemarin. Peresmian jembatan sepanjang 36 kilometer itu dilakukan siang hari dan mulai dibuka untuk lalu lintas umum tepat tengah malam.

Jembatan tersebut menghubungkan Jiaxing, yang berada di dekat Shanghai, dengan kota industri Ningbo di Provinsi Zhejiang. Jembatan itu bisa memotong jarak antara kedua tempat tersebut, yang jika lewat jalan darat harus memutar sejauh 120 kilometer.

Awalnya, pembangunan jembatan itu ditujukan untuk mengatasi kemacetan di wilayah segitiga Shanghai-Hangzhou-Ningbo. Dalam perkembangannya, jembatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan integrasi ekonomi dan pembangunan di daerah delta Sungai Yangtze.

Pembangunan jembatan itu menghabiskan anggaran CNY 11,8 miliar (sekitar Rp 14,16 triliun). Yang istimewa, biaya pembangunannya berasal dari kalangan swasta di kawasan industri Ningbo.

Keistimewaan lain dari jembatan tersebut adalah desainnya yang diperhitungkan bisa bertahan hingga 100 tahun. Kecepatan kendaraan yang melintasi jembatan itu dibatasi, maksimal 100 kilometer per jam.

Sebelumnya, Tiongkok sudah mempunyai jembatan yang cukup panjang. Yakni, Jembatan Donghai yang panjangnya mencapai 32,5 kilometer. Jembatan itu pun membelah lautan dan menghubungkan Shanghai dengan Pelabuhan Yangshan.

Sejatinya, Ningbo merupakan salah satu kota tertua di Tiongkok yang juga dikenal sebagai tempat perdagangan utama antara Yangzhou dan Guangzhou. Sejak abad ke-7, Ningbo telah dikenal hingga ke luar negeri sebagai kota perdagangan. Kota itu juga dikenal sebagai pusat penghasil furniture tradisional Tiongkok. Pada perkembangannya, Ningbo kini tetap dikenal sebagai pusat ekonomi dan kota pelabuhan yang sangat penting.


1 Response to “Jembatan Terpanjang Di Atas Laut”


  1. 1 basuki
    April 8, 2010 at 8:50 pm

    kapan yo jawa-sumatra bisa terwujud jembatan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: